Kandungan Serta Manfaat Cokelat Bagi Tubuh Yang Sangat Luar Biasa

Denganseiring berkembangnya zaman banyak ilmuwan danpeneliti melakukan riset terhadap cokelat bahwa senyawa fenolik yang aktif dalam kandungan cokelat dapat mengurangi efek penuaan, stress, tekanan darah, dan atherosclerosis yang telah mengubah persepsi dan distimulasi pada masyarakat. Dan juga coklat sekarang dipuji karena memiliki antioksidan yang tinggi.

Sebelum kita membahas manfaat dari cokelat, kita akan membahas beberapa kandungan penting yang terdapat dalam cokelat diantaranya yaitu:

  1. Lemak

Lemak yang utama ditemukan dalam cokelat hitam adalah lemak yang mengandung sekitar 33% asam oleat (tak jenuh tunggal), 25% asam palmitat (jenuh), dan Asam stearat 33% (jenuh).

  1. Antioksidan

Mengandung konsentrasi flavonoid yang besar, epikatekin, katekin, dan prosianidin.Kadar maksimum flavonoid, lebih besar daripada tehdan anggur. Cokelat hitam mengandung jauh lebih tinggi jumlah flavonoid dari susu coklat. Coklat juga kaya akan flavonoid procyanidin, sebanding dengan tingkat dalam apel yang kaya procyanidin.

  1. Senyawa nitrogen

Senyawa nitrogen kakao termasuk kedua protein dan theobromine methylxanthines dan kafein.

  1. Mineral dan properti lainnya

Massa kakao juga mengandung mineral seperti potassium, fosfor, tembaga, besi, seng, dan magnesium yang mana mempotensiasi manfaat kesehatan cokelat. Cokelat juga mengandung asam valeric yang berfungsi sebagai peredam stress kehadiran stimulan kafein dan theobromine dalam coklat.

 

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang ditemukan dari mengkonsumsi cokelat:

 

 

  1. Sebagai antidiabetes

Banyak pendekatan telah dicoba untuk meningkatkan insulin sensitivitas pada penderita diabetes. Insulin sensitivitas sebagian bergantung pada NO bioavailabilitas di sel-sel endotel. Oleh karena itu flavonol dapat mengurangi resistensi insulin. Penurunan resistensi insulin dan peningkatan sensitivitas insulin diamati setelah konsumsi cokelat kaya flavonol dalam subyek yang sehat dan pasien hipertensi.

 

  1. Pereda stress

Ada beberapa senyawa bioaktif dalam cokelat itu mempromosikan kewaspadaan. Sebuah studi di Swiss juga dikonfirmasi bahwa cokelat meredakan stres. Setelah 14 hari dari konsumsi cokelat hitam, parameter stres pada orang dewasa menunjukkan profil kecemasan tinggi menjadi sebanding dengan mata pelajaran rendah stres. Cokelat mempengaruhi tingkat stres dengan mendorong serotonin produksi yang merupakan neurotransmitter yang menenangkan.

Sumber : sumbermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *